Selasa, 11 Februari 2020

Kisah Nabi Sulaiman Kekuasaannya Atas Jin dan Makhluk Lain



Berbicara tentang kekuasan, inilah Kisah Nabi Sulaiman yang menggambarkan jelas bagaimana Nabi Sulaiman sebenarnya. Dari kepemimpinanya Sulaiman yang telah berkuasa secara penuh atas kerajaan tersebut, Bani Isra’il yang semakin membesar dan meluas.
Allah memberikan baginya mahluk-mahluk  seperti jin, angin dan burung-burung yang selalu mengikuti  perintah nabi Sulaiman, Allah juga memberikan tembaga yang mengalir yang bisa digunakan untuk pembangunan dan sebagainya.
Salah satu mukjizat yang di berikan Allah SAW kepada Sulaiman adalah bahwa kesanggupan Sulaiman menangkap maksud yang terkandung dalam suara binatang-binatang. Selain itu,  binatang mengerti apa yang Sulaiman perintahkan dan ucapkan kepada binatang tersebut. Maka nabi Sulaiman berserta rombongan  kafila yang sangat besar menuju ke Asgalan.
Nabi Sulaiman mampu mendengar semut berbicara dan ia memerintahkan smeut tersebut tunduk pada perintahnya. Kekuatan pasukan sangatlah besar bahkan kekuatan itu tidak pernah ada tandingannya di bumi ini. Kekuatan nabi Sulaiman berasal dari kombinasi yang mengangumkan sehingga pasukannya tidak dapat tertandingi.
Kekuatan tersebut berasal dari manusia, jin, burung, semut dan hewan lainnya. Jin adalah makhluk Allah SWT yang bagi manusia adalah kasat mata atau manusia tidak mampu melihat atau meminta pertolongan padanya, namun Sulaiman telah diberi Allah SWT kemampuan untuk menundukkan jin dan mempekerjakan mereka sebagai tentara dan pekrjaan kasar di kerajaannya.
Burung yang diperintahkan Sulaiman sangatlah penting yaitu sebagai badan intelegen. Agar mudah mengetahui keadaan musuh-musuhnya, ia terbang ditengah-tengah musuh lalu kembali ke Sulaiman untuk menyampaikan berita tentang musuhnya, informasi ini sangat berguna karena itu pasukan Sulaiman sangat kuat bahkan untuk memenangkan mereka sangat lah mustahil.
Mukjizat lain yang diberikan Allah SWT kepada Sulaiman adalah Nabi Sulaiman dapat memerintah angin dan mampu untuk menaiki angin tersebut bersama tentaranya. Allah SWT memberikan kemampuan ini untuk kepentingannya, karena itu pasukan Sulaiman juga terdiri dari pasukan udara dan menjadi sebab kejayaan militernya sehingga pasukannya tidak tertandingi.
Di dalam Kisah Nabi Sulaiman diceritakan beliau mendapatkan satu kemampuan yang nabi lain pun tidak pernah mendapatkannya yaitu dapat menundukkan setan. Setan adalah salah satu jin yang celaka, sebenarnya manusia tidak dapat memerintahkan mereka bahkan jin saleh pun tidak bisa namun Allah SWT telah memberinya kekuasaan untuk menundukan dan mempekerjakan setan.
Sulaiman mempekerjakan setan untuk membangun istana dan patung-patung serta alat perang. Bahkan menyelam di dasar laut untuk mengerluarkan permata dan yakut untuk Sulaiman. Jika ada setan yang tidak patuh pada perintahnya maka Nabi Sulaiman mengikatnya dengan rantai.
Kemampuan tersebut sebagai bukti mukjizat dari-Nya bahwa ia dapat mengatur banyak makhluk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nama Allah ke 100

Dalam Al-qur'an hanya terdapat 99 nama Allah tang tertulis, dan ada satu yang menjadi rahasia yang selama ini banyak dicari ...