Selasa, 11 Februari 2020

Kisah Nabi Sulaiman a.s dengan Jin Ifrit

Kisah Nabi Sulaiman memang memberikan banyak sekali pengalaman hidup maupun sifat yang bisa kita teladani. Hasrat nabi Ulaiman untuk menunjukan kepada ratu Balqis tentang kekuasaan ghaib, bahwa apa yang di ancamkan atas putusan ratu Balqis bukanlah omong kosong. Kemudian bertanyalah beliau kepada jinnya “ siapa diantara mereka yang sanggup mendatangkan tahta ratu Balqis sebelum dia datang untuk berserah diri”.
Jin Ifrit berkata “aku sanggup membawakan tahta ratu Balqis dari istana sebelum engkau sempat berdiri dari tempat dudukmu, aku adalah pesuruhmu yang kuat dan dapat di percaya”. Jin Ifrit merupakan jin yag cerdik. Seorang yang lain berkata “ akan di bawanya tahta Balqis sebelus engkau memejamkan mata”. Nabi Sulaiman bersyukur atas rahmat yang di dapatnya.
Untuk menyambut kedatangan ratu Balqis, nabi Sulaiman memerintahkan pasukannya agar mengubah warna tahta ratu Balqis yang sudah di depannya. Setelah ratu itu tiba beserta pengiringnya. Nabi Sulaiman bertanya “serupa inikah tahtahmu?” Balqis menjawab “seakan-akan ini adalah tahta ku sendiri”
Selagi ratu Balqis sedang berfikir kebingungan melihat tahtanya sudah berpindah ke istana Sulaiman, ratu Balqis di bawa ke sebuah ruangan yang di bangun untuk menerima ratu Balqis. Lantai dan dindingnya terbuat dari kaca putih, ratu Balqis mengira itu adalah kolah segeralah ratu Balqis mengangkat pakaiannya sebab takut basah, padalah hanya kaca.
Ratu Balqis menyadari kesalahannya taerhadap dirinya atas kebesaran dan kekuasaan Tuhan yang di pertunjukan oleh nabi Sulaiman, ratu Balqis mengaku telah lama tersesat di jalan yang salah hingga berpaling dari Tuhan,hingga merugikan diriku sampai jatuh kecahayamudan rahmat-mu, ampunilah aku kata ratu Bilqis.
Kemudian ratu Balqis berserah diri kepada Sulaiman nabimu dengan iklas. Dengan keyakinan penuh, ratu Balqis telah merasa bersalah yang teramat besar atas jalan yang diambilnya. Ia merasa telah menyesatkan dia dan menyebabkan dosa yang besar, maka dari itukasihinilah diriku wahai tuhan yang maha pengasih, pengampun serta maha penyayang. “Ratu Balqis menyesal”. 
Ternyata cukup banyak sekali kisah Nabi Sulaiman a.s yang bisa kita teladani. Semoga beberapa kisah di atas bisa menjadi teladan untuk kita semua.
Sekian pembahasan Kisah Nabi Sulaiman, silahkan disebarluaskan, semoga membawa manfaat bagi kita semua.
Ayo bergabung dengan komunitas pondokislam.com dan dapatkan MP3 Al-Quran 30 Juz yang menyejukkan hati.
Rahmat Mulyadi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nama Allah ke 100

Dalam Al-qur'an hanya terdapat 99 nama Allah tang tertulis, dan ada satu yang menjadi rahasia yang selama ini banyak dicari ...